Selasa, 14 Oktober 2014

Campus Story II: girl of camp

Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) atau Pengabdian Masyarakat (PM) 2014 FT UNISSULA, yang diadakan di Colo, Kudus, Jawa tengah.

Kegiatan ini juga bisa disebut sebagai kemah akrab untuk mahasiswa baru di Fakultas Teknik Unissula yang memang diadakan tiap tahunnya.

Ok kedengarannya kalimat diatas terlalu resmi dan baku, sampe-sampe  keliatannya tulisan ini seperti artikel berita di koran sindo, bukan sob bukan, mungkin lebih tepatnya cerita pendek romantis. #asik-__-
Ok, jadi saya tidak akan menceritakan bagian dari keseluruhan dari perkemahan tersebut, kenapa? nah ini penting, karena saya tidak ingat.
Berbicara tentang tidak ingat, ada hal penting dari saya yang perlu teman-teman tau, yaitu saya orangnya sangaaaaaat pelupa.
Kalau galau ada yang namanya galau tingkat profinsi, maka penyakit pelupa saya sepertinya sudah di pelupa tingkat tata surya sob.

#intermezzo.  Sebelum lanjut ke kemahnya, kita flashdisk dulu, eh maksudnya flashback dulu, sepelupa apa sih nih anak.

jadi seminggu lalu, saya lupa hari apa yang jelas minggu lalu.
Saya pergi ke rumah makan, buat bungkus makanan, nah pas pulan, saya jalan kaki dengan wajah nan senan, seperti masha yang lagi bawa keranjan, sambil berjalan rian, di taman, bersama sang beruan.

Nah, setelah sampe kos, saya baru inget kalau tadi waktu ke warung saya bawa motor. Nah kan? bisa-bisanya saya asik-asik berjalan riang kayak orang sakit padahal motor ditinggal.
Besoknya, saya beli makan lagi di warung lain, karena saya pikir warung yang kemaren sepertinya bikin sial, pas pulang eh ternyata lupa motor lagi, kampret kan?
Sakitnya itu karena momen-momen ingetnya pasti kalo udah pas sampe depan kamar kos-__-


Setelah saya ingat-ingat, ternyata keadaan lupa motor ini sudah biasa terjadi sejak saya SMA.
Pernah pas disuruh ayah beli rokok pulangnya jalan kaki,
pernah juga waktu saya ke sekolah pas pulang begonya saya naik ojek,
pernah juga saya ke sekolah bawa motor trus pulangnya nebeng sama temen.

Tapi saya pikir kelupaan-kelupaan seperti itu mungkin cuman keteledoran dan kebetulan saja, tapi setelah saya ingat-ingat lagi, ternyata memang banyak moment-moment pelupa saya yang sampe om saya bilang “itu penyakit, harusnya kamu dioperasi siapa tau diotakmu itu ada tulang ikan yang nyangkut dijaringan memorinya”.
Kalau belum percaya berikut beberapa momentnya:

1.      Kebiasaan saya disore hari biasanya mandi dulu baru sholat ashar, nah suatu sore saya habis mandi trus mengeringkan badan dengan handuk, lalu wudhu, kemudian masuk ke kamar pake baju. Pas sholat, saya takbir semua baik-baik aja, tapi pas ruku saya lihat naudzubillah saya masih pake handuk.

2.      Saya juga punya kebiasaan baik meskipun pelupa, yaitu kebisaan gerepe-gerepe kantong untuk memastikan handphone, kunci, atau dompet tidak ketinggalan pas mau pulang atau pergi. Nah suatu hari pas saya pulang menuju rumah, ditengah perjalanan sambil mengendarai motor, saya lepas tangan kiri dari stir motor untuk periksa kantong celana, dan waktu itu saya panik karena mencari sesuatu yang tidak ada dikantong saya, tau gak saya cari apaan? Saya lagi nyari kunci motor.-__-
Gimana ceritanya nyari kunci motor sementara motornya lagi dikendarai, dimana motor itu kagak bisa jalan kalo kuncinya gak melekat dimotornya.
Dengan wajah bego tangan kiri saya nepuk jidat sambil bilang “untung tidak ketinggalan dirumah teman” -__-

3.      Hal yang paling sering saya lupa juga adalah mencari sesuatu yang saya pikir hilang, tapi sebenarnya ada ditangan saya. Soalnya saya memang suka hilangin barang, gak tau dah tuh udah berapa HP yang udah saya hilangin, makanya sampe sekarang sama orangtua gak pernah dibeliin hp mahal.
Saking sukanya saya hilangin barang, ibu saya sampe bilang “coba titit kamu bisa digeletakin, pasti sekarang titit kamu udah gak ada, untung aja melekat”. Wah tapi bener juga yah, kebayang kalo saya lupa naro titit saya dimana padalah udah kebelet kencing.-__-

Makanya, sehari setelah saya tiba di kos, saya langsung kosongkan waktu dan bertanya pada kulit kerang ajaib “apakah hari ini adalah hari yang baik untuk menulis, hai kerang ajaib??”.. “yah tentu saja”, jawab kerang ajaib.
yah mumpung dipikiran saya yang ada hanya peristiwa-peristiwa dari kemah kmaren, pokoknya mumpung unforgettable lah.
Yah, walaupun ada pekerjaan penting juga sih yang lagi nunggu buat dikerjain secepatnya, pekerjaan apa itu?? Yah biasa, nyabutin bulu ketek ibu kos yang udah menjalar ke langit-langit kamar, trus mau mangkas kumis bapak kos yang udah kemana-mana sampe ngalangin pintu gerbang.
Padahal baru juga ditinggal tiga hari udah liar aja.-__-

Jadi sebelum penyakit saya kumat, yaitu penyakit yang bawaannya pengen gulung aspal, sama nyabutin tiang listrik, langsung aja kita mulai ceritanya.

Tapi seperti yang saya bilang tadi, karena saya tidak akan menceritakannya dari awal, maka saya langsung pada inti moment yang saya masih ingat itu.
            Nah jadi dihari kedua perkemahan, itu adalah hari puncak dimana kakak-kakak angkatan yang udah pada senior banget, mulai dari angkatan 2010, 2009, 2008 sampe angkatan 2002 pada dateng. Gak tau angkatan segiitu emang alumni atau emang gak lulus-lulus, tau deh pokoknya gitu.

Nah proses munculnya mereka ditengah-tengah acara bisa dibilang kampret banget, kenapa? Karena mereka muncul sebagai BIMATEK (pembimbing mahasiswa teknik), dimana tugas bimatek adalah untuk memberi stressing atau penggemblengan mental untuk mahasiswa baru, walaupun sasarannya maba tapi tetap saja semua panitya juga bakal dimarahin abis-abisan, yah tapi kita sebagai panitya memang sudah mengatur itu sebagai scenario kemunculan mereka.

Nah mulailah kita,
jadi setelah sholat isha, kita adakan pentas seni dari tiap-tiap kelompok maba, semuanya ada 35 kelompok, dan tiap kelompok punya satu panitya yang mendampingin kelompok tersebut dari awal fakultair sampai PM ini, bisa dibilang panitya pendamping itu, adalah orang tua maba, nah panitya itu disebut dengan WalJam (wali jamaah), kalau kamu anak unissula pasti taulah, nah kebetulan saya juga adalah waljam.


Lagi asik-asiknya menikmati suasana romantic dibawah pohon-pohon rindang, ditemani api unggun dan lagu-lagu menghibur dari kelompok yang tampil, nah datanglah rombongan sang Bimatek sambil teriak teriak, dan langsung menghamburkan api unggun. Bara api kemana mana, debu pembakaran beterbangan, yah persis banget dengan situasi dimana Negara Api menyerang.

Sambil teriak-teriak, bimatek menyuruh maba untuk baris sesuai kelompok dan waljamnya masing-masing. Setelah terjadi beberapa insiden bentrok presiden bem dan beberapa bimatek serta insiden-insiden lainnya yang berlangsung berjam-jam, maka tibalah saat dimana bimatek menegur waljam dan panitya yang memakai sandal, atau sandal sepatu, dan saya adalah salah satunya.

Setelah dimarahin habis-habisan, kita dikasi waktu semenit kembali ketenda untuk memakai sepatu.
Sepatu sudah saya pakai, walaupun sebelumnya sempat ada panitya lain yang pengen ngambil sepatu saya, saking paniknya kita malah tarik-tarikan sepatu dan ahirnya setelah saya bilang “liat baik-baik ini sepatu saya”, ahirnya dilepas.

Saat buru-buru kembali menuju barisan, ada bimatek yang ngerangkul maba cewek yang lagi sakit, dan kebetulan pas menuju kearah saya, yaudah cewek itu dikasi kesaya untuk dibawa ke tenda P3K.

Ceweknya saya rangkul menuju ke tenda, belom sampai ditenda, sicewek yang badannya kagak kurus ini, malah pingsan duluan padahal tenda masih jauh, dengan mengucap syahadat dan kalimat allahuakbar cewek pingsan ini saya angkat dan buru-buru saya bawa ketenda.
Pas sampai depan pintu tenda p3k, panitya P3Knya malah bilang “bawa ke tenda panitya, disini penuh”, mendengar itu, cewek yang masih saya angkat sendiri ini tiba-tiba semakin berat saja rasanya, dan apa yang terjadi?? Yah, karena tidak kuat lagi cewek yang ada ditangan saya jatuh, tapi tangan saya masih trus memegangnya dari bawah, dan kebetulan jatuhnya pas dikaki pasien yang lain, jangan tanya gimana expresi pasien itu, dia berteriak kencang sambil kaget shock kesakitan, padahal dia cowok, yah mungkin saking beratnya cewek gemuk yang pake pingsan segala ini.

Setelah dibantu panitya lain, ahirnya cewek ini sudah diurus oleh bagian kesehatan ditenda panitya, bayangkan saking banyaknya yang shock, sakit, dan pingsan, tenda p3k jadi penuh, dan harus dialihkan ke tenda panitya.


Nah setelah saya pengen berdiri dan berniat untuk kembali kebarisan mengurusi mabaku yang barangkali ada juga yang sakit, eh ada pasien cewek lagi yang pingsan, awalnya saya biasa aja, tapi ketika melihat cewek itu, ternyata itu Vio.
Vio adalah satu-satunya cewek dari Sulawesi untuk maba tahun ini, melihat itu, saya tidak jadi berdiri dan langsung membuka jilbabnya kemudian memberinya oksigen dari tabung oksigen yang memang sejak dari tadi saya pegang, sementara saya terus menyemprotkan oksigen kebagian mulut dan hidungnya, dengan berbahasa Sulawesi dan nada panik saya terus bilang “dek, hirup ko baek-baek nah, trus kasi keluar pelan-pelan”, setelah beberapa menit saya melakukan itu tidak ada perubahan. Kemudian saya memanggil panitya p3k untuk sebaiknya memeriksa pasien yang ini dulu. Dan benar saja, setelah diperiksa, panitya p3knya bilang “gawat, ini denyut nadinya lemah banget, segera bawa ke rumah sakit”.

Kemudian, saya dan dua panitya lainnya langsung mengangkat dan membawanya kemobil, nah ketika  si vio ini sudah mau dimasukkan ke dalam mobil, saya masuk duluan dalam mobil untuk menarik vio dari dalam biar gampang. Jadilah si vio berbaring dalam mobil, dengan kepalanya yang berada dipangkuanku.

Kemudian saya mencari oksigen lagi dalam mobil, dan untung banget oksigennya masih ada satu yang tersisah dibagian tempat duduk paling belakang, lalu saya kasi lagi ke vio untuk dia hirup, sambil selalu menuntunnya untuk tetap tenang, dan memberinya sugesti bahwa semua akan baik-baik saja. Dalam mobil sebenarnya dia sadar, dan mendengarkan semua suara, karena pas saya suruh dia untuk menghirup oksigennya panjang-panjang dia nurutin, tapi yah mungkin karena factor lelah, pusing tugas, ditambah dengan shock gitu, jadinya badannya seperti tak berjiwa gitu, lemah banget men.

Nah, ahirnya kita mencari rumah sakit terdekat, yah karena tempat kemah berada dibukit dan rumah sakit tentu hanya ada di kota, jadinya kita memutuskan untuk mencari puskesmas terdekat saja, tapi nyatanya sampai kita masuk kekota pun belum ada rumah sakit ataupun puskesmas kita temui.

Setelah memasuki pinggiran kota, ahirnya kita menemukan Puskesmas UGD, dan tidak perlu waktu lama, vio langsung kita bawa masuk kedalam ruang perawatan. 

Dan ahirnya setelah diperiksa segala macam, mulai dari tensi sampe denyut nadinya oleh perawat puskesmasnya, ternyata semuanya udah normal, yah mungkin karena kehangatanku selama dimobil tadi membuatnya menjadi bisa dan kuat lagi... haha.

Saya yang sejak tadi bagaikan ayahnya selalu mendampinginya didekat ranjangnya si vio ini, trus mengipasinya sambil kepalanya saya usap dengan lembut, karena saya pernah baca tweet fakta google bahwa dengan memberi elusan lembut dikepala sang wanita akan menjadikannya lebih baik. Tapi sumpah pada waktu itu saya melakukan semua itu secara apa adanya, logika dan otak tidak ikut campur sama sekali, artinya gak ada fikiran-fikiran untuk terlihat sok atau apalah, serius sob, jadi jangan berfikir kalo saya orangnya selektif untuk membantu.

Yaudah, akhirnya setelah vio udah bisa buka mata dan mulut, semuanya menjadi tenang, dan terlihat semuanya berekspresi seakan akan berucap Alhamdulillah. Setelah vio saya kasi minum teh hangat yang udah dibeli tadi, dan kita biarkan dia istrahat beberapa waktu dulu sambil saya mendengar cerita pengalaman-pengalaman kakak senior yang menemani saya dimobil membawa vio sampai ke puskesmas ini, sebelum ahirnya kita kembali lagi keperkemahan, dengan perasaan yang sangat lega.

Dan dari peristiwa itu saya belajar beberapa hal, bahwa:
1.      Tak perlu waktu lama, dan tak perlu mengetahui sejauh apa, serta tak perlu menunggu kita sedekat apa dengan seseorang untuk memberinya kekuatan, untuk memberinya kasih sayang, dan untuk memberi apa yang ia butuh. Selama kita mengerjakan segalanya dari hati, maka kita akan mengerti, bahwa meskipun ia tak tau, meskipun ia tak menyadari, dan meskipun kita bagaikan tak terlihat, tapi hal yang paling penting adalah, kita selalu ada untuknya.

2.      Saya juga baru mengetahui bahwa wanita yang sedang pingsan itu jauh lebih berat dibanding wanita yang lagi sadar, dan juga saya belajar bahwa wanita gendut saat pingsan, sebaiknya jangan diangkat jika tak mau kita yang dibuatnya pingsan.

3.      Dari kemah tiga hari itu membuat saya juga tau siklus pertumbuhan bulu ketek ibu kos, dan kumis bapak kos yang mebuat saya lebih disiplin untuk memangkasnya. Saya belajar, bahwa lain kali pemangkasan dilakukan jangan sampe menunggu tiga hari.


Ok that’s all my story for this post. im so fucking nice to see you guys. promise me, i'll see you in the next bulshit post. okok bye. :*

1 komentar:

  1. Best Betting Sites in North Korea - 1xbet Korean
    1xbet is a new online betting platform that was launched planet win 365 in 2012. The site offers numerous 1xbet betting 샌즈카지노 markets to cater to international players and bet

    BalasHapus